Home About Product Contact FAQ I-Plantation




MB (Mucuna Bracteate)



Kacang Kacangan (Legume Cover Crops/LCC).

Penanaman kacang-kacangan sebagai penutup tanah dimaksudkan untuk menutupi permukaan tanah sehingga pertumbuhan gulma dapat ditekan dan mengurangi kompetisi hara dengan tanaman kelapa sawit kelak.

Tumbuhan penutup tanah dari jenis kacang-kacangan yang sering ditanam diperkebunan Kelapa Sawit, yaitu : Calopogonium Caerulium (CC), Pueraria Javanica (PJ), Calopogonium Mucunoides (CM), Centrosema Pubescens (CP), Mucuna Cochinchinensis (MC), dan Mucuna Bracteata (MB).

Secara umum, kegunaan tumbuhan penutup tanah di perkebunan kelapa sawit dapat digolongkan sebagai tumbuhan yang pada umumnya bermanfaat (golongan A). Manfaat kacang-kacangan dalam perkebunan sawit adalah sbb :
a) Menambah bahan organic sehingga memperbaiki struktur tanah.
b) Memperbaiki status hara tanah, terutama mengikat unsur Nitrogen dari udara (as Nitrogen Fixation )
c) Menjaga kelembaban tanah, menghasilkan bahan organic
d) Memperbaiki sifat-sifat tanah akibat pembakaran (pembukaan lahan)
e) Melindungi permukaan tanah dan mengurangi bahaya erosi, terutama pada tanah yang curam.
f) Mengurangi biaya pengendalian gulma
g) Mendorong pertumbuhan tanaman utama dan meningkatkan produksi

Jenis Mucuna Bracteata (MB)

Mucuna Bracteata berasal dari India. Kacangan MB ini tahan terhadap kekeringan dan naungan. Kapasitas Fiksasi nitrogen MB ini tinggi. Dia tumbuh sangat cepat dan menutup lahan sangat cepat, karena itu dia menekan pertumbuhan gulma-gulma lainnya. MB sebagai kacang-kacangan akan menyediakan mulsa organic yang tebal yang mana dapat membantu untuk mengurangi pupuk yang hilang mengalir, karena hujan deras. Lapisan tebal dari sampah daunnya juga akan membantu untuk mengurangi erosi tanah sehingga kondisi tanah tidak akan memburuk dari waktu ke waktu.

Kondisi hara tanah akan meningkat dari waktu ke waktu dengan semakin banyaknya bahan organic yang disuplai kedalam tanah oleh MB. Lapisa mulsa (dari daun MB yang mati) dan bahan-bahan organic (dari pembusukan daun) yang ada didalam tanah juga akan membantu menahan air dan nutrisi didalam lahan (bertindak seperti spons). Sebagai tambahan, MB sebagai Kacangan akan terus-menerus menghasilkan unsur Nitrogen (N) untuk kelapa sawit melalui pencampurannya dengan rhizobium pada akar tanaman.

Bahan organic dengan jumlah yang besar yang disupplai ke dalam tanah akan meningkatkan kondisi tanah dari waktu ke waktu. Ini akan meningkatkan Kapasitas Tukar Kation (KTK) dalam tanah. Ini artinya kapasitas menyimpan nutrisi didalam tanah akan lebih baik.

Sifat akar yang dalam dari Mucuna Bracteata akan membantu untuk mengumpulkan nutrisi dan kelembaban di dalam tanah. Mucuna bracteata merupakan tanaman kacangan merambat yang tahan lama yang umum digunakan pada perkebunan karet dan kelapa sawit usia muda di Asia. Keuntungannya :
- Mudah ditanam dan pertumbuhannya cepat.
- Naungan yang baik dan toleransi terhadap kekeringan yang tinggi
- Produksi biosmass yang bagus Good biomass production
- Kapasitas fiksasi nitrogen yang tinggi High nitrogen fixing capacity
- Toleransi yang tinggi terhadap hama dan penyakit
- Sangat cocok untuk mengkontrol erosi tanah.
- Probable allelopathic property
- Sangat mudah dipergunakan dengan sedikit tenaga kerja

Jumlah pengunaan MB berkisar 200g per ha untuk cakupan 420 points (1 ha).