Home About Product Contact FAQ I-Plantation




Mag Oxis



Magnesium adalah salah satu dari 6 unsur utama terpenting untuk produksi hasil panen pada tanaman. Faktanya Magnesium adalah nutrisi ketiga terpenting untuk tanaman setelah Nitrogen dan Potassium.

Magnesium adalah suatu unsur pokok yang penting dalam pembentuka chlorophyll yang merubah energy cahaya menjadi energy biokimia selama proses fotosintesis. Dia juga adalah suatu komponen dari sejumlah sistim enzim yang terlibat pada proses sintesa dari zat tepung, protein dan minyak. Hal ini menyediakan energy untuk proses transport asimilasi dari daun ke buah sawit dan akar dan juga meningkatkan daya serap dari pengambilan nutirsi/hara, khususnya unsur fosfor dan potassium.

Penyelidikan menunjukkan bahwa suplai dari karbohidrat yang terhambat (disebabkan oleh kekurangan Magnesium) kepada buah , secara langsung menyebabkan hasil tandan buah segar (tbs) yang buruk. Hal ini juga mengurangi kandungan minyak dalam tbs.

Penyebab Kekurangan Magnesium

Kekurangan Magnesium dapat terjadi karena kondisi/situasi sbb :
− Tanah dengan pertukaran Magnesium yang rendah
− Tanah dengan jaringan yang sangat ringan terutama pada bagian atas dari punggung bukit dan pada lereng–lereng / tanah yang miring dimana bagian permukaan tanah sudah tererosi.
− Tanah pasir yang asam.
− Tanah pasir yang telah dipupuk dengan Potassium/Kalium atau Ammonia dalam jumlah yang banyak sekali , karena mereka mengganggu kemampuan pengambilan dari magnesium.
− Tanah organic dimana digunakan calcium (cthnya : Rock Phospate ) yang mudah larut dalam jumlah yang banyak.

Solusi Dari Produk Mag-Oxis

Saat ini sumber Magnesium yang paling umum adalah Kieserite ( dalam bentuk sulfat ). Ini adalah sangat mudah larut dan sangat mudah luluh/lumer terutama dalam tanah pasir dan daerah dengan curah hujan yang sangat tinggi. Sumber Magnesium yang lain adalah dalam bentuk oksida ( cth adalah : Magnesium Oksida dan kapur ) dan dalam bentuk karbonat. ( cth : Magnesite dan Dolomit ). Bentuk karbonat dan oksida memiliki daya larut yang sangat rendah. Mereka membutuhkan pelarutan lebih lanjut dengan asam didalam tanah untuk merubah mereka kepada bentuk yang gampang larut. Proses ini memakan waktu dan sebab itu Magnesium yang tersedia umumnya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan segera dari pohon.

Mag-Oxis yang, mengandung baik bentuk sulfat yang dapat larut oleh air maupun sebagian bentuk oksida yang dapat larut. Bentuk/bagian yang dapat larut oleh air akan menyediakan kebutuhan Magnesium yang segera dapat dipakai oleh tanaman, sementara bagian dalam bentuk oksida terlarut akan mengalami proses pelarutan/peluruhan oleh asam didalam tanah untuk memberikan bentuk sulfat terlarut yang dilepaskan secara terus menerus secara konstan. Keuntungan dari menggunakan Mag-Oxis adalah dia memberikan baik koreksi dan perlindungan akan kebutuhan tanaman atas kekurangan magnesium.

Cameron Chemicals Inc. USA, yang memproduksi FS Bor dan Magoxis dapat memberikan jaminan bahwa kandungan logam berat didalam produk ini memenuhi level standard yang diperbolehkan oleh Association of American Plant Food Control Officials ( Asosiasi Resmi Pengawasan Makanan Tanaman). Ini adalah merupakan suatu kriteria yang penting untuk sertifikat produksi kelapa sawit yang berkelanjutan.

Klik disini untuk melihat brosur